Tips Menulis Laporan Utama

159688-1433521240-004984Bagi seorang jurnalis, menulis berita baik artikel maupun laporan sudah menjadi santapan sehari-hari. Merangkai kata-kata dengan peristiwa dan fakta menjadi sebuah Laporan Utama tentu bukan masalah lagi.

Laporan utama merupakan salah satu rubrik yang berfungsi melaporkan kejadian atau peristiwa berdasarkan fakta. Bagi jurnalis sekolah, menulis laporan utama menjadi momok mengerikan bagi jurnalis sekolah mengingat statusnya sebagai “laporan utama” yang akan menjadi wajah majalah atau Koran dinding kalian. Para jurnalis muda ini cenderung menyerahkan tugas menulis laporan utama kepada rekannya yang dianggap lebih mampu. Padahal menulis laporan utama tidak sesulit yang kita bayangkan. Berikut saya memaparkan beberapa tipsnya.

 

  1. Sesuaikan dengan tema kording atau mading kalian.

Jika kalian mengangkat tema tentang Revolusi Mental, maka yang kalian bahas nantinya adalah segala hal yang berkaitan dengan Revolusi mental, seperti pengertian, gebrakan, berbagai pendapat para ahli, dan fakta-fakta mengenai Revolusi Mental. Jangan sampai apa yang kalian tulis itu menyimpang dari tema.

  1. Menulis draft.

Menulis draft untuk artikel kalian ini sangat penting. Draft inilah yang nantinya akan menunjukan arah laporan kalian sehingga menghasilkan laporan yang tajam. Contoh draft laporan utama.

Pokok Bahasan: Revolusi mental

Paragraf 1 -> Pengertian Revolusi Mental

Paragraf 2 -> Kebijakan pemerintah mengenai Revolusi Mental

Paragraf 3 -> Gebrakan yang dilakukan pemerintah berkaitan dengan Revolusi mental

Dst…

Selain itu draft seperti ini juga membantu kalian menyesuaikan jumlah kata dan paragraph agar sesuai dengan space yang disediakan oleh layouter dalam majalah maupun Koran dinding.

  1. Menulis laporan utama.

Setelah menulis kalimat-kalimat pendek dalam draft kalian juga harus mengembangkannya menjadi satu paragraf. Di sini pengalaman membaca kalian sangat dibutuhkan. Jika kalian sering membaca surat kabar, berita, atau buku-buku yang berkaitan dengan sastra, maka mengembangkan sebuah kalimat menjadi paragraf tidaklah sulit. Kepala Sekolah saya saat SMA pernah mengatakan “Banyak minum, banyak kencing” artinya jika kalian banyak membaca maka banyak juga tulisan yang akan kalian hasilkan. Jika kalian seringnya membaca caption instagram jelas wawasan kalian mengenai kosakata yang biasa dipakai dalam tulisan akan sempit. Untuk itu sering-seringlah membaca ya adik-adik.

  1. Buatlah berita kalian menjadi piramida terbalik.

Piramida terbalik yang dimaksud adalah pemaparan informasi terpentingnya diletakan diakhir. Pada paragraf awal kalian memaparkan suatu peristiwa secara umum, dan paragraf selanjutnya peristiwa yang kalian paparkan semakin sempit  dan menemukan suatu titik atau kesimpulan diakhir. Laporan yang kalian tulis juga harus  singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami. Hindari bahasa yang bertele-tele dan membuat pembaca bosan, serta tidak memasukan informasi yang tidak penting dan keluar dari pokok yang kalian bahas.

  1. Jauhkan segala opini dari tulisan kalian.

Laporan harus ditulis berdasarkan fakta bukan opini, apalagi itu opini pribadi. Ingatlah sebagai seorang jurnalis, kalian memberikan edukasi kepada masyarakat. Jangan memuat informasi yang tidak relevan, dan menipu para pembaca. Fakta-fakta untuk memperkaya tulisan kalian dapat kalian peroleh dengan wawancara narasumber langsung atau memperolehnya dari internet. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak mengambil informasi dari internet.

  1. Menulis Lead.

Lead atau Teras Berita adalah paragraf pertama dalam berita yang mengandung gambaran umum suatu berita. Terkadang orang malas membaca berita sampai akhir, maka mereka pun hanya membaca lead untuk mengetahui isi berita tersebut. Untuk itu sangat diwajibkan mengisi setidaknya 3 poin dari 5W + 1H dari berita kalian kedalam lead. Biasanya lead juga tidak ditulis lebih dari 2 kalimat.

  1. Menentukan judul.

Judul berfungsi sebagai penarik minat pembaca, merangkum isi berita, dan melukiskan suasana berita. Kalian bisa membuat judulnya berima seperti “Yoga, Pengobatan Purba yang Semakin Mendunia” atau “Sistem Rumit, Siswa Dipersulit”.

Setelah menulis kalian wajib melakukan pengendapan tulisan. Untuk itu kalian harus membuat tulisan jauh sebelum dateline. Jika kalian baru menyelesaikan tulisan kalian H-1 dateline, jangan harap kalian akan dapat hasil yang sempurna. Sedikit tips: missal dateline kalian tanggal 10 Juni, maka tanggal 7 Juni kalian harus sudah selesai menulis, lalu pada tanggal 8 Juni biarkan tulisan kalian tak tersentuh. Dalam istilah pacaran sebut saja break,hehehe.

Kalian sudah melakukan pengendapan tulisan. Maka H-1 dateline kalian harus mengeditnya. Pengeditan ini wajib untuk mengecek kembali apakah ada ejaan yang salah. Pengeditan ini juga memberi kalian waktu untuk menyisipkan kata-kata yang membuat berita kalian nyaman dibaca.

Contoh laput dapat kalian lihat disini

Sekian tips dari saya. Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, jika kalian mempunyai tips atau saran lain bisa tinggalkan di komentar.

Terimakasih~

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s